Kapolresta Banjarmasin Pimpin Langsung Patroli Malam Jelang PSU Pilgub Kals

Redaksi


Kapolresta Banjarmasin Pimpin Langsung Patroli Malam Jelang PSU Pilgub Kals

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan

BACASAJA.ID - Jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 2021 pada 9 Juni 2021 mendatang, personil Polresta Banjarmasin bersama petugas gabungan melakukan peningkatan patroli malam.

Kegiatan yang melibatkan personel gabungan dari Polresta Banjarmasin, Kodim 1007/Banjarmasin, Denpom VI/Banjarmasin, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Pemko Banjarmasin itu dimulai sejak pukul 21.00 Wita hingga 23.00 Wita, Senin (7/6/2021).

Patroli berskala besar tersebut difokuskan ke wilayah kecamatan  Banjarmasin karena logistik PSU beberapa waktu sebelumnya sudah didistribusikan oleh KPU setempat.

Tampak dalam giat tersebut, Kapolresta Banjarmasin bersama Forkopimda Kota Banjarmasin melakukan pengecekan kondisi ruangan penyimpanan logistik PSU di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

"Kami ingin menjaga kondusifitas kota Banjarmasin secara khusus di 12 Kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan, " ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Rachmat Hendrawan kepada awak media di Banjarmasin.

Ia juga mengharapkan dengan pelaksanaan patroli ini dapat tercipta rasa aman, sehingga masyarakat merasa tenang dan tidak khawatir saat menyalurkan hak suaranya nanti.

"Secara sinergi kami berjaga di 301 TPS dan ada personel yang secara mobile berpatroli. Jadi kita libatkan semua kekuatan yang ada agar pelaksanaan PSU berjalan aman dan sukses," jelas Kapolresta Banjarmasin.

Dalam pelaksanaan pengamanan PSU, ucap Kombes Rachmat, pihaknya juga terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan pemerintah kota serta TNI.

"Dalam pengamanan PSU ini, Polresta Banjarmasin tidak sendiri, tapi dibantu 'stakeholder' lain dalam melakukan kegiatan seperti patroli. Kemudian kita juga melakukan operasi yustisi yang diterapkan di wilayah PSU," terangnya.

Selain itu, orang nomor satu di Polresta Banjarmasin ini juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat kota Banjarmasin untuk bersama-sama menjaga agar kota Seribu Sungai tetap dalam keadaan kondusif.

Untuk diketahui, berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi, PSU Pilgub Kalsel dilakukan di Kecamatan Sambung Makmur, Aluh-Aluh, Martapura, Mataraman, dan Astambul, Kabupaten Banjar, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, dan Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin. (Edo)