Bukan Indonesia, Inilah Daftar 10 Kota dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Redaksi


Bukan Indonesia, Inilah Daftar 10 Kota dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Ilustrasi Ramd\adhan

JAKARTA  - Durasi berpuasa Ramadan di tiap belahan dunia berbeda-beda. Ada yang terbilang singkat, ada pula yang butuh waktu lama, untuk mendengar kumandang azan magrib, tanda berbuka puasa.

Dikutip dari berbagai sumber, ada 10 kota di dunia yang memiliki durasi puasa paling lama. Berikut nama kota dan lama durasi puasanya:

 1. Warsawa, Polandia

Butuh waktu sekira 15 jam 37 menit bagi umat muslim untuk berpuasa di sana. Ini jauh di atas rata-rata durasi puasa di belahan dunia yang lain.

 2. Amsterdam, Belanda

Perbedaan durasi puasa Amsterdam dengan Warsawa tidak terlampau jauh, hanya 1 menit. Berpuasa di sana butuh waktu 15 jam 38 menit.

 3. Dublin, Irlandia

Umat muslim di sana harus mampu menahan hawa nafsu, lapar, dan haus dengan waktu yang tergolong lama. Berpuasa di sana butuh waktu 15 jam 51 menit.

 4. Berlin, Jerman

Waktu puasa di Berlin sama dengan Dublin. Berpuasa di Berlin juga butuh waktu sekira 15 jam 51 menit.

5. Moskow, Rusia

Perbedaan durasi puasa di Moskow dengan Dublin dan Berlin tidaklah terlampau signifikan, hanya 1 menit. Berpuasa di sana butuh waktu 15 jam 52 menit.

6. Glasgow, Skotlandia

Jarak antara waktu imsak dan berbuka di sana di atas 16 jam. Biasanya, umat muslim di sana butuh 16 jam 7 menit untuk berpuasa.

7. Oslo, Norwegia

Berpuasa di kota ini bahkan hampir memakan waktu 17 jam. Jika ke sana, Anda harus mampu berpuasa selama 16 jam 54 menit.

8. Helsinki, Finlandia

Bepuasa di Ibu Kota negara yang bersebelahan dengan Rusia ini butuh waktu 17 jam 9 menit. Durasi puasa tersebut sangat berbeda jauh dengan di Moskow yang hanya 15 jam 52 menit.

9. Reykjavik, Islandia

Anda harus menahan nafsu, lapar, dan haus lebih lama di sana. Butuh waktu 17 jam 25 menit untuk berpuasa di Reykjavik.

10. Nuuk, Greenland

Butuh waktu yang luar biasa lama untuk berpuasa di Nuuk, yakni selama 17 jam 52 menit. Bandingkan dengan durasi berpuasa di Indonesia, yang rata-rata hanya butuh 13 jam 20 menit. (*)