Ganjar-Mahfud Layangkan Gugatan Sengketa Pilpres 2024

Redaksi


Ganjar-Mahfud Layangkan Gugatan Sengketa Pilpres 2024

Ganjar-Mahfud saat kampanye pada Pemilu 2024 lalu.

JAKARTA - Pasangan calon nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD melayangkan gugatan sengketa Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi, Kamis (21/3/2024). Oleh sebab itu, Ganjar-Mahfud sudah siap dengan apapun hasil Pemilu 2024 yang diumumkan KPU.

Ganjar menyebut, pihaknya juga sudah menyiapkan langkah hukum untuk merespons hasil Pemilu 2024. "Kita udah siap dan kita udah nyiapin banyak hal ya," ucap Ganjar didampingi Mahfud MD di Posko Pemenangan, Jalan Teuku Umar, Jakarta (20/3/2024).

"Tim hukum kita juga sudah siap, maka kita akan ikuti proses, Insya Allah, teman-teman sudah menyiapkan dengan baik. Nanti waktunya kapan, respons-respons itu akan kita berikan," kata Ganjar yang dilansir RRI.co.id.

Ganjar bersama Mahfud MD menegaskan, akan menyampaikan sikap resmi terkait hasil KPU pada Kamis (21/3) besok siang. Pihaknya juga akan menggelar konferensi pers terkait hasil Pemilu 2024 di Posko pemenangan, Teuku Umar, Jakarta.

Diamini Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis. Pihaknya, memastikan tim hukum akan mengajukan sengketa Pemilu 2024, terlepas dari apapun hasil Pemilu 2024 yang akan diumumkan KPU.

"Nah kami dari paslon nomor urut 03 pasti akan ke MK (Mahkamah Konstusi, Red). Kami sudah menyiapkan permohonan, bukti dan saksi yang bakal diajukan ke MK," kata Todung.

Ia pun berharap MK dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada pihaknya untuk menyampaikan isi permohonan dengan segala argumentasinya. "Karena kalau MK hanya membatasi pada perolehan suara dan perbedaan perolehan suara, menjadi 'Mahkamah Kalkulator'," ujarnya. (*)