Tidak Ada Kata Israel, Dalam Pernyataan FIFA Piala Dunia U20 Di Indonesia Batal Karena Tragedi Kanjuruhan?

Redaksi


Tidak Ada Kata Israel, Dalam Pernyataan FIFA Piala Dunia U20 Di Indonesia Batal Karena Tragedi Kanjuruhan?

Pernyataan FIFA terkait pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20

BACASAJA.ID - Indonesia tak lagi jadi tuan rumah Piala Dunia U20. Informasi ini diwartakan secara resmi oleh FIFA pada 29 Maret 2023 malam.

Dikatakan oleh pihak FIFA, keputusan diambil setelah adanya pertemuan antara Ketua PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA Gianni Infantino.

Hingga saat ini FIFA masih belum menginformaskan negara mana yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 yang baru. Ada beberapa negara yang sebelumnya sudah mengajukan diri. Sebut saja seperti Peru, Argentina, dan Qatar.

Meski demikian, tanggal pelaksanaan Piala Dunia U20 masih tetap sama dengan yang dijadwalkan.

Belakangan, Piala Dunia U20 yang akan dilaksanakan di Indonesia sempat diwarnai kontroversi. Pasalnya, Israel lolos kualifikasi Zona Eropa dan berhak melanjutkan ke laga Piala Dunia U20.

Hal tersebut menimbulkan pro-kontra baik dari kalangan peminat sepak bola hingga masyarakat umum.

Diketahui bahwa Indonesia memiliki sejarah dan cerita buruk dengan Israel hingga saat ini. Indonesia bahkan masih belum memiliki hubungan diplomatik dengan Israel karena alasan imperialisme yang negara tersebut lakukan kepada Palestina.

Rupanya, kata Israel tak disebut dalam pengumuman pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 selanjutnya.

FIFA bahkan menyebut soal tragedi Oktober 2022 yang diketahui merupakan kasus kericuhan di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan ratusan suporter.

"Meskipun Piala Dunia U20 tak jadi dilakukan di Indonesia, pihaknya tetap akan membantu PSSI menyelesaikan masalah Tragedi Kanjuruhan", jelas FIFA dalam pernyataannya.

Jadi apakah FIFA menghapus Indonesia bukan karena penolakan Timnas Israel? Atau karena Tragedi Kanjuruhan yang belum usai? (RIL)