BACASAJA.ID -Masa libur lebaran pada 12 Mei 2021 hingga 16 Mei 2021 tak menghentikan aktivitas pelabuhan. Termasuk di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo) menegaskan BUMN ini berkomitmen memberikan pelayanan pengguna jasa, sehingga selama perayaan Idul Fitri tahun 2021 operasional pelabuhan tetap dibuka penuh.
Baca Juga: Ratusan Kapal Pesiar Bakal Sandar Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya
Vice President Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu mengatakan pelabuhan di bawah pengelolaan Pelindo III akan tetap melayani kebutuhan pengguna jasa selama 24 jam setiap harinya. Pelayanan yang dimaksud mulai dari pelayanan kapal, bongkar muat barang, penumpukan barang, penyediaan air bersih untuk kapal dan layanan pendukung lainnya.
“Kami berkomitmen untuk menjaga kelancaran arus logistik di pelabuhan yang menjadi tanggung jawab kami dengan harapan agar distribusi logistik ke masyarakat tetap berjalan dengan baik dan lancar,” kata Suryo dalam keternagannya, Selasa (11/05/2021).
Pelayanan operasional jasa kepelabuhanan di Pelindo III, lanjutnya, ditopang penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi. Selama periode Idul Fitri tahun 2021 pengguna jasa tetap dapat mengakses seluruh layanan Pelindo III di seluruh pelabuhan melalui portal pelanggan yang tersedia secara daring. Pengguna jasa juga sekaligus dapat mengakses nota tagihan atas pelayanan jasa yang telah dilakukan oleh Pelindo III.
Baca Juga: Bisnis Menggeliat, Subholing Pelindo Catat Pertumbuhan Arus Peti Kemas 2,63 Persen
“Pelayanan tetap berjalan sebagaimana pelayanan harian, tidak ada yang berbeda, karena kami telah mengimplementasikan sistem pelayanan operasional yang berjalan selama 24 jam 7 hari secara non-stop yang kami sebut dengan Port Operations Command Center (POCC),” lanjutnya.
Dengan sistem ini proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat. Keberadaan POCC membantu kegiatan pelayanan jasa kepelabuhanan menjadi lebih efisien dan efektif baik dari sisi tenaga ataupun waktu.
Baca Juga: Catat Kinerja Positif, Pelindo III Siapkan Proyek Besar di 2024, Apa Itu?
Sistem ini sekaligus sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan karena mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan).
“Hal ini sangat menguntungkan pengguna jasa, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran bagi mereka terhadap layanan Pelindo III khususnya pada saat perayaan Idul Fitri tahun 2021,” pungkasnya. (rls)
Editor : Redaksi