Bursa Wakil Bupati Tulungagung, NasDem dan PDI Perjuangan Sodorkan Nama Kadernya

Redaksi


Bursa Wakil Bupati Tulungagung, NasDem dan PDI Perjuangan Sodorkan Nama Kadernya

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo memberikan keterangan selepas bertemu pengurus partai Nasdem dan PDIP

BACASAJA.ID - Kedua partai pengusung Sahto (Syahri Mulyo-Maryoto) sudah mengumumkan calon wakil bupati untuk mendampingi Maryoto Birowo memimpin Tulungagung hingga 2023 kedepan.

Partai pengusung itu adalah Nasdem dan PDIP. Nasdem mengusulkan Panhis Yodi Wirawan, sedang PDIP mengusung Gatut Sunu Wibowo.

Menindaklanjuti hal itu, kedua partai pengusung menemui Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo di Pendopo Tulungagung, Senin (19/7/21).

“Kedua partai sudah menunjuk calon tetapnya mengisi posisi calon bupati,” ujar Maryoto Birowo selepas menggelar rapat koordinasi bersama kedua partai pengusung.

Selanjutnya, pihaknya bakal melengkapi persyaratan administrasi kedua calon, untuk proses selanjutnya di DPRD Tulungagung.

Proses yang dimaksud adalah sidang paripurna pemilihan wakil Bupati, sisa masa bakti 2018-2023.

“Kalau saya inginnya cepat, DPRD sudah membuat tata tertibnya, sehingga ketika kita kirim dipelajari,” ujarnya.

Disinggung peran penting dari wakil Bupati, Maryoto katakan sesuai dengan UU 23 tahun 2014, pemangku pemerintahan daerah adalah Bupati dan wakil Bupati.

“Secara struktur administrasi harus begitu,” jelas Maryoto.

Maryoto melanjutkan, kedua calon yang sudah ditetapkan sama-sama kader yang mumpuni dan baik. Namun dirinya menyerahkan proses pemilihan pada anggota DPRD Tulungagung.

Sementara itu ketua DPC PDIP Tulungagung, Susilowati tegaskan sudah ada kesepakatan antara partai pengusung terhadap ke dua calon Wakil Bupati yang diusung.

Selanjutnya pihaknya akan membuat surat kesepakatan antara kedua partai pengusung, yang ditandatangani oleh pengurus kedua partai pengusung.

“Rekom dari DPP nanti kita sertakan,” jelasnya.

Lalu surat itu bakal dikirimkan ke Bupati Tulungagung, untuk selanjutnya dikirim ke DPRD Tulungagung.

Senada, Ketua DPD Nasdem Kabupaten Tulungagung, Ahmad Djadi satu suara dengan Susilowati untuk segera melengkapi proses administrasi pemilihan Wakil Bupati.

“Alhamdulillah, berangkat bersama, pulang harus bersama,” tegas politisi senior tersebut.

Disinggung nantinya proses pertarungan pemilihan di DPRD Tulungagung, Ahmad Djadi serahkan sepenuhnya pada DPRD Tulungagung.

Pihaknya kini tengah fokus pada kelengkapan administrasi calon Wakil Bupati.

Kedua partai pengusung rencananya bakal memperkenalkan kedua calon pada Bupati Tulungagung (t.ag/JP/rg4)