Ini 5 Gaya Hidup Rasulullah yang Membuat Beliau cuma Sakit Dua Kali

Sepanjang hidup

Redaksi


Ini 5 Gaya Hidup Rasulullah yang Membuat Beliau cuma Sakit Dua Kali

Ilustrasi berwudu.

BACASAJA.ID - Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai sosok yang selalu sehat wal afiat. Selama masa hidup beliau, Rasulullah diketahui sakit cuma dua kali saja, lho. Yang pertama adalah ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah dan sakit yang kedua kali adalah pada saat jelang beliau wafat.

"Rasulullah senantiasa merawat kebersihan di tiga tempat yaitu diri sendiri, lingkungan dan rohani. Tiga hal itulah yang membuat Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya cuma sakit dua kali," tutur Ketua PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman, Selasa (20/4/2021).

Pria yang juga seorang dokter ini menambahkan, hal tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa bagi seorang manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia modern sekarang ini acap kali mengobrol tentang usia dan sudah pernah mengalami sakit apa saja. Tapi tidak dengan Nabi Muhammad SAW.

"Makanya, kalau mau sehat, ayo kita terapkan apa yang jadi kebiasaan Rasul,” ajaknya.

Menurut Agus, Nabi Muhammad adalah contoh hidup terbaik sepanjang masa. Di samping perilaku Rasul dalam hal ibadah, umat Islam mestinya juga mencontoh aspek kehidupan sehari-hari beliau, seperti senantasa menjaga kebersihan dan kesehatan, baik jasmani maupun rohani.

Agus menambahkan, Nabi Muhammad jarang sakit itu juga karena beliau tahu harus mencegah sesuatu yang bisa menimbulkan penyakit. Dengan kalimat lain, Rasul sangat menekanka sisi pencegahan alih-alih pengobatan.

"Jika kita telaah al-Quran dan Sunnah, maka kita akan menemukan sekian banyak petunjuk yang mengarah pada upaya pencegahan," tuturnya.

Hal inilah, sambung Agus, yang menunjukkan betapa Nabi Muhammad SAW sangat peduli dengan kesehatan. Agus lantas membeberkan gaya hidup sehat yang dijalani Rasulullah sehingga jarang sakit.

"Pertama, kalau bangun jangan terlambat. Kedua, atur makan dengan baik dan benar. Ketiga, kontrol emosi apalagi marah. Keempat, jagalah kebersihan. Kelima, berpuasa dua kali dalam sepekan," bebernya. (dns)