BMKG: Jatim Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang mulai Pagi sampai Sore Hari

Redaksi


BMKG: Jatim Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang mulai Pagi sampai Sore Hari

Ilustrasi cuaca ekstrem.

BACASAJA.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca Jatim pada hari Kamis (25/11/2021) ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hingga sore hari.

Sementara suhu udara berkisar 18 hingga 32 derajat celcius, dengan kelembaban 65 sampai 100 persen.

Kepala Seksi data dan Informasi BMKG Klas I, Teguh Tri Susanto, Rabu (24/11/2021) mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari berpotensi di wilayah Kab. Mojokerto, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

Sementara pada siang-sore hari berpotensi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Prakirawan BMG Maritim Surabaya, Arizal Rahman Fatoni, menyebutkan cuaca di perairan pada umumnya terjadi hujan, arah angin dari Barat Daya - Barat, kec. angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 15 knots dan Samudra Hindia selatan Jatim 10 knots.

Tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur antara 0,5-1,5 meter dan di Samudra Hindia selatan Jatim antara 1,3-3,0 meter. (JNR/RG4)