Ini Analisis Gempa Tuban yang Mengguncang Hingga Surabaya Menurut BMKG

Redaksi


Ini Analisis Gempa Tuban yang Mengguncang Hingga Surabaya Menurut BMKG

Ilustrasi gempa

SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas II Pasuruan mengungkapkan bahwa gempa susulan yang mengguncang Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024) disebabkan oleh sesar lokal di Laut Jawa.

"Penyebab gempa adalah sesar lokal di Laut Jawa dengan mekanisme sumber pergerakan sesar geser atau strike slip," kata Kepala Stadiun Geofisika Kelas II Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan, mellaui siaran persnya dikutip Sabtu (23/3/2024).

Rully mencatat setidaknya ada 19 gempa susulan yang terjadi setelah gempa utama berkekuatan magnitudo 6,0 yang terjadi pukul 11.22 WIB.

Terakhir, gempa kembali mengguncang pukul 15.52 WIB. Kekuatannya bahkan lebih besar dari gempa utama, yakni magnitudo 6,5. Guncangan terasa sampai Surabaya dan sekitarnya.

"Pusat gempa berada di 126 km Timur Laut Tuban Jawa Timur. Lokasi tepatnya berada di 5.79 Lintang Selatan, 112.32 Bujur Timur di kedalaman 10 kilometer," ujarnya.

"Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Karenanya, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi, ujarnya.(*)