Relawan dan OJK: Waspada Pinjol di Tengah Pandemi COVID-19

author bacasaja.id

- Pewarta

Senin, 01 Feb 2021 17:00 WIB

Relawan dan OJK: Waspada Pinjol di Tengah Pandemi COVID-19

i

Para Tim Relawan saat memberikan edukasi kepada warga dan membagikan sembako kepada warga terdampak Covid - 19.

 

BACASAJA.ID - Para tim relawan Rumah Aspirasi Indah Kurnia dan Yayasan Insan Kurnia Peduli yang bekerjasama dengan OJK, mengadakan penyuluhan dan sosialisasi terkait literasi jasa keuangan dengan tema "Waspada Pinjaman Online Pada Masa Pandemi Covid" di Jalan Dukuh Setro Utara, Kecamatan Tambaksari Surabaya secara door to door, Senin (01/2/2021).

Baca Juga: Indah Kurnia Desak OJK Lakukan Sosialisasi, Edukasi dan Literasi Pinjol dengan Masif

Mereka memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat mengenai maraknya pinjaman online yang menjamur dengan memberikan tawaran yang menggiurkan.

Terkait hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia mengaku, secara konsisten dan konsekuen selalu berusaha menjaga kondisi tinggkat keuangan dari masyarakat.

"Salah satu cara yang kami lakukan dengan melakukan edukasi dan sosialisai menghadapi tawaran-tawaran terhadap kebutuhan pembiayaan. Dalam hal ini pinjaman online yang sering kali membelenggu para pelaku usaha khususnya ultramicro dan micro tersebut," ungkap Indah Kurnia

Lanjutnya, tujuan dari kegiatan ini merupakan cara untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan paham, bahwa mendapat pembiayaan tidak berorientasi pada kemudahan saja.

Baca Juga: OJK Terima 19 Ribu Aduan Pinjol Ilegal, Komisi XI DPR: Meresahkan dan Sudah Saatnya Diseret ke Pengadilan

"Bila saat ini banyak sistem pinjaman online yang secara masif dilakukan oleh kreditur atau lembaga tersebut baik resmi maupun tidak, maka yang harus diperhatikan oleh masyarakat kita adalah legalitas," paparnya.

Menurutnya, bila kreditur atau lebaga tersebut memiliki ijin maka sudah di atur dengan peraturan yang telah di tetapkan. Salah satunya dengan tidak boleh dengan memberikan bunga yang terlalu tinggi.

"Skema peminjamannya juga harus wajar terkait masa pengembaliannya. Dari sosialisasi ini semoga tingkat literasi masyarakat semakin meningkat," tandasnya.

Baca Juga: Tiga Karyawan Pinjol di Surabaya Ini Menagih dengan Kata-Kata Kotor dan Ancam Sebar Foto Korban

Sementara itu, Ketua RT setempat, Untung, mengaku bersyukur dan senang, sebab para warganya telah dibekali ilmu dari kegiatan sosialisasi pinjaman online.

"Memang banyak warga disini yang membutuhkan, pemahaman tersebut karena banyak yang tergiur dengan pinjaman online yang saat ini dirasa cukup memudahkan para calon peminjam,"ungkap Untung, selaku Ketua RT setempat.

Pada waktu yang bersamaan, kegiatan tersebut juga dilaksanakan di Kelurahan Asempayung Kec Sukolilo. Selain kegiatan sosialisasi, para warga setempat juga medapat paket sembako yang diberikan kepada warga yang terdampak Covid - 19.(byta/rga)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU