BACASAJA.ID - Perusahaan penyedia jasa layanan internet Telkom Group mengumumkan terjadinya gangguan dalam jaringan (daring) pada layanan Indihome dan Telkomsel sejak Minggu (19/9) malam.
Dikutip dari Antara, Senin (20/9/2021), Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkom Pujo Pramono mengatakan, sejak terjadinya gangguan kemarin malam, pihaknya segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.
Baca Juga: Bangun Smart City di IKN, Telkom Dirikan Smart Pole atau Tiang Cerdas untuk Pertama Kali
"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," ungkap Pujo.
Gangguan layanan fixed broadband dan mobile broadband terjadi pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam-Pontianak.
Titik gangguan berasal dari sekitar 1,5 kilometer lepas pantai Batam, di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.
"Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal," kata Pujo.
Baca Juga: Mantap! Telkom Segera Luncurkan Satelit Berteknologi HTS dari Florida
Pelanggan layanan fixed broadband Indihome dan mobile broadband Telkomsel mengeluh internet mereka melambat sejak Minggu (19/9) pukul 17.33.
Untuk diketahui, Indihome dan Telkomsel hingga siang ini menjadi topik terhangat (trending topic) di media sosial Twitter.
Baca Juga: Jaringan Internet Indonesia Mati Total 24-30 September 2021? Sabar, Begini Penjelasannya
Telkomsel, dalam keterangan terpisah, dikutip Senin, menyatakan gangguan terjadi di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, pada Minggu (19/9) kemarin.
Gangguan hanya berakibat pada layanan internet, sementara layanan telepon dan SMS masih berfungsi normal.
"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," kata Wakil Direktur Komunikasi Perusahaan Telkomsel, Denny Abidin. (TNA/RG4)
Editor : Redaksi